Kamis, 21 Januari 2016

Hegemoni dan Strategi Sosialis: Pos Marxisme dan Gerakan Sosial Baru


Penulis: CM & EL
Penerbit: Resist Book
Tebal: -
Berat: 500gr
Harga: 65.000
Diskon: 15%
Order: 082136483766
Keep Calm and Reading for Indonesia!

Mengapa gerakan gerakan sosial gagal mengukuhkan kemenangan sejati? Bagaimana mestinya gerakan-gerakan sosial melakukan analisa dan perubahan sosial dalam jaminan kapitalisme lanjut? Apakah Marxisme masih relevan sebagai utopia dari teori perlawanan? Cukupkah menjadikan kaum proletar sebagi tulang punggung revolusi?

Sejak kemunculannya, Hegemoni dan strategi sosialis telah memancing perdebatan dan mendapatkan sambutan yang serius. Buku ini dimulai dengan mengajukan suatu tantangan terhadap krisis dan kegagalan marxisme dalam menganalisa ranah sosial kontemporer. Kegagalan ini, menurut Laclau dan Mouffe, berakar dari watak esensialis dan totalitistik dalam pemikiran Marxist.

Denga melacak genealogi konsep hegemoni serta mendenkonstruksi pemikiran kaum marxist-terentang mulai Rose Luxemburg, Karl Kautsky, Eduard Bernstein, Lenin dan Plekanov, hingga Gramsci dan Althusser-Laclau dan Mouffe melakukan pemetaan pemikiran Marxisme dengan cara yang paling gamblang. Tak hanya itu, mereka juga menambatkan gagasan posmodernisme, posstrukturalisme, serta psikoanalisa pada konsep hegemoni untuk menghasilkan suatu kerangka analisa sosial yang relevan bagi jaman kapitalisme lanjut ini. 

Laclau dan Mounffe dianggap sebagai figur terpenting dalam sebuah gagasan yang saat ini dikenal sebagai pos-marxisme.

Artikel Terkait

Hegemoni dan Strategi Sosialis: Pos Marxisme dan Gerakan Sosial Baru
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email